Jumat, 25 Desember 2009

ONDANGAN

Pagi itu, aku dapat cememes dari Irma: Pengumuman, buat teman-teman di tunggu kehadirannya di acara nikahannya Rikdiniati (Dini) hari Minggu, tanggal 6 Desember 2009 di Wisma Muladi. NB: Maaf undangan pake SMS. Tq: Boim Lei
Waduh.. bulan ini banyak banget ya, orang yang kawin.. Kayaknya lagi musim kawin nih. Satu persatu temenku berguguran kehilangan masa lajangnya. Aku kapan ya? ntar aku cek dulu, rekeningku di Bank.
Saldo: Rp. 15.700.-
“?”
Kalo liat jumlah saldoku yang memperihatinkan ini, kayaknya aku harus nunggu 3 abad lagi deh supaya bisa kawin. Hiks.. Lagi pula siapa cewek yang mau aku ajak kawin? yang terakhir, malah kabur sama cowok laen. Nasib.
Karena yang mau nikah ini adalah temen aku waktu SMP, aku ajak si Gober aja buat ikut ke ondangan. Sekalian mau numpang. hehe.. Lumayan gratisan. Sebelum pergi ke ondangan, temen-temen yang lain ngajak ngumpul dulu di rumah salah seorang temen, ceritanya sih biar bareng gitu. eh, taunya yang datang cuma tujuh orang.
“Mia nunggu di bawah” kata Rini yang udah bersiap-siap berangkat.
Mia? Mia mana? soalnya ada dua orang yang nama panggilannya Mia. Yang satu Salmia (Temen-temen yang sayang sama dia memanggilnya MIUN). ke dua, Miawati.
Akhirnya pertanyaan itu terjawab juga, yang ikut adalah Miawati. hmmm.. sudah lama aku nggak ngeliatnya, hampir lima tahun sejak lulus SMP. Sekarang dia terlihat cantik banget. Tapi dulu juga emang dah cantik sih.. maksudnya tambah cantik.
“Si Mia jadi geulis nya.. (cantik)” kata si Gober.
“Iyah..” jawabku kikuk. “hehe..”
“Heureuyan ah.. (godain)” lanjutnya.
Wah.. si Gober kayaknya suka nih sama si Mia. Padahal tadinya aku mau bilang gitu.. oke lah kalo begitu, aku lupain aja deh buat dapetin Mia.

***
Setelah setengah jam perjalanan, akhirnya gerombolan penghabis parasmanan sampai di TKP (Tempat Kejadian Perkawinan). Sebelum masuk ke gedung, aku sibuk merapihkan diri. Menghilangkang efek samping dari mengendarai motor. Kamu tau, apa aja efek samping naik motor? kurang lebih sebagai berikut:
1. Rambut berantakan
2. Baju berantakan
3. Muka berantakan
4. Rumah tangga berantakan (NB: Naik motornya sambil bonceng selingkuhan).
“Udah.. ngaca mulu..” Gumam Rini.
Sirik aja! nggak tau ya kalo aku tuh cowok metromini! eh, metromini atau metrosexual ya? pokoknya itu deh.
Di samping pintu masuk, ada sebuah kain yang terbuat dari plastik (aku bingung, ini kain atau plastik ya? aku lupa lagi apa namanya). Semua tamu diperbolehkan membubuhkan tanda tangan dan kata-kata ucapan selamat.
Semua orang nulis dan tanda tangan disana. Giliran aku sekarang. Mau nulis apa ya? bingung! lalu aku teringat dengan kata-kata yang sering aku liat di jalan. Aku tulisin aja: SEMOGA SELAMAT SAMPAI TUJUAN! By Justine Timberlake.
@ Rikdiniati: Kalo kamu baca cerita ini, pasti kamu nggak bakal bertanya-tanya lagi siapa yang udah nulis kata-kata kayak gitu. Itu aku.. hahahaha..
Walau pun aku udah dewasa seperti sekarang (ceu ile.. dewasa) aku masih aja suka jail. Pas Kedua pengantin mau di foto bareng keluarga dan tamu yang lain, aku memasang muka aneh dan menjulurkan lidah di depan pengantin wanita, (dari kejauhan).
Weeeek..
Si pengantin wanita jadi gugup dengan ekspresi wajah penuh tanda tanya + bingung. Matanya seperti berkata: eta si blangkon nanaonan..?! (itu si blangkon ngapain?!)
Blangkon adalah nama populer aku waktu SMP, orang-orang yang ‘sayang’ sama aku memanggilku dengan sebutan itu. Blangkon? hahaha.. aku baru nyadar kalo temen-temen memanggilku begitu karena aku mirip sama Tities Saputra, (?).
Setelah memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai, aku langsung terjun bebas ke area dimana terdapat banyak makanan.
It’s Hunting time..
Setelah mengambil begitu banyak makanan, sekarang waktunya mencari tempat yang nyaman untuk menikmatinya. Dimana ya? Aku ikut yang lain aja deh, makan di bawah tenda. Kebetulan kursi di sebelah Mia masih kosong.
“Eh, Mia.. apa kabar..?” sapaku
“Baik..”
Yah.. segitu aja? dingin banget sih dia? tapi aku belum nyerah.
“O, iya. Mia kerja dimana sekarang? Dah lama ya kita nggak ketemu?” lanjutku.
“Di Yogya”
“Yogya? yang di Cimahi bukan? wah deket donk..” seruku “Aku juga sering lho, maen kesana?”
“Ngapain?”
Blep!
Ngapain ya? di bilang belanja, aku nggak pernah belanja. Makan-makan, aku nggak pernah makan disana.
“Mmm.. kebetulan sekarang, aku lagi hobi nyocok-nyocokin harga antara mall satu sama mall yang laen” jawabku.
“Oh.. cuma liat-liat doank..”
“Hehe.. ya gitu deh..”
Satu hal yang aku dapat. Mia masih seperti yang dulu. Dingin sama cowok.
Daripada kebanyakan nanya yang ujung-ujungnya bikin dia bete, mending aku nyari makanan lagi aja deh, buat cuci mulut. Pelajaran baru yang aku dapat hari ini adalah: ternyata mencuci mulut, tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan sabun mandi atau sabun colek aja, ternyata dengan buah-buahan pun bisa. Sebuah ilmu yang sangat bermanfaat yang belum pernah aku dapatkan sebelumnya.

***

LALALALALA... LALALALALA...
Dari dalam gedung terdengar suara cempreng yang mengumandangkan lagu dangdut.
Siapa sih? suara jelek gitu ikutan nyanyi! karena penasaran aku lihat ke dalam.
Oopsss.. yang nyanyi ternyata pengantin perempuan. Aku ralat deh ucapanku tadi. Yang nyanyi suaranya merdu bangeeeeetz..
DUAAARR!!!
Tiba-tiba ujan turun gede banget, di iringi petir yang menyambar.
Apa tadi aku salah ngomong ya?
Ya Allah.. maafkan hamba. Hamba berjanji tidak akan berbohong lagi. n_n
Eh si Mia kemana ya? kok ngilang? aku keasyikan nonton hiburan gratis (Pengantin Joged) jadinya aku kehilangan jejak. Eh ada si Desy ternyata. Ngapain dia pake kebaya gitu? Oh.. jadi pager betis..
“Hai Ris pa kabar?” sapa Desy.
“Baik..” balasku “eh, kok nggak bilang-bilang sih kalo kamu jadi pager betisnya si Dini”
“Pager Ayu!” solot Desy
“Iya.. apa lah namanya..”
“Ikh, aku jaga di counter baso lho..”
“Hah.. jadi tukang baso? nggak salah tuh?”
“Counter baso!!! bukan tukang baso!” solot Desy lagi “Tuh, disebelah sana!”
“Oh.. iya deh ntar aku kesana..” balasku. “Eh Des, kamu cantik deh pake kebaya itu..”
“Masa..? makacih..”
DUAAAAAARRRRR!!!!!
Suara petir menggelegar, kali ini jauh lebih keras.
Ya Allah ampunilah hamba. Janji deh, bener.. nggak bakal bo’ong lagi..

Kali ini aku nggak bakal asal ngomong lagi. Satu kali aku bohong lagi, aku bakal dapetin sebuah piring cantik.
Sebelum pulang, aku dan rombongan diberi kesembapan untuk berfoto bersama kedua mempelai. Karena yang pengen ikut di foto bersama banyak banget. Aku jadi kebagian di posisi paling ujung. Awas aja kalo aku nggak ikut ke foto! aku obrak abrik loe, tukang foto! (Sekedar pemberitahuan: sewaktu saya menyebutkan kata Obrak abrik, saya menyebutkannya hanya dalam hati saja. Jadi tidak ada yang tersakiti dalam cerita ini).
Dan akhirnya, aku pulang. Ada satu kebiasaan buruk yang selalu ingin aku dapatkan ketika mengunjungi acara pernikahan, yaitu: Lupa memasukan amplop!!
Tapi kebetulan waktu itu Tuhan memberikanku kesadaran dan hidayah, aku jadi nggak lupa masukin amplop ke dalam kotak amplop. Huffft

2 komentar:

  1. Lucu banget, ada acara hujan petir segala laig pas lagi ngomong. hehehe lanjutkan kebodohnmu kawan..

    BalasHapus
  2. Blangkon....Mieny kan juga saiyang ma Kamu jadi panggil blangkon ia...
    kamu kan Guanteng
    Duerrrrrrr, waduh ada petir

    BalasHapus