Senin, 14 Desember 2009

SIM C VS VITAMIN C EPISODE 1

Coba tebak, enakkan mana Vitamin C sama SIM C? Orang pintar pasti lebih memilih Vitamin C. Karena selain rasanya yang enak, Vitamin C juga baik banget buat kesehatan. Karena aku juga orang pintar (mungkin), aku juga milih Vitamin C. Lagian buat apa SIM C? Nggak penting!
Tapi karena tuntutan dunia yang kejam, akhirnya aku harus berurusan juga sama yang namanya SIM C.
Semua berawal ketika aku berniat untuk membeli motor baru, (bekas denk..) Tadinya aku pikir, nggak punya SIM itu nggak apa-apa. Emang nggak apa-apa sih kalo kita nggak punya kendaraan buat di naikin. Tapi berhubung aku mau beli motor, mau nggak mau aku harus punya SIM C.
Orang bilang bikin SIM itu ribet, susah dan lama. Ternyata teori mereka itu semua salah! buat SIM itu ternyata super ribet, super susah dan super lama. Temen saranin aku buat pake jasa Calo. Tapi karena aku adalah orang yang taat hukum, taat peraturan dan taat kepada calon mertua. Aku menolaknya dengan lembut: OGAH!!!
Aku nggak mau menyewa jasa calo atau menyuap petugas supaya dipermudah. Karena moto hidupku sekarang adalah: Jalanlah di jalan yang benar dan jauhi suap! (dengan kata lain, uangku nggak cukup banyak buat bayar calo).
Akhirnya waktu itu aku memutuskan untuk membuat SIM sendiri. Aku harus belajar mandiri, lagi pula aku pengen tau proses birokrasi disana. Aku berangkat subuh-subuh dari rumah, sekitar jam delapanan lah.. (eh ,emang jam delapan masih subuh, ya?) Aku janjian sama si Gober temenku waktu di SMP. Kebetulan dia juga mau memperpanjang SIM-nya.

***

Malu bertanya, sesat di kantor polisi. Karena aku nggak mau tersesat, apalagi di kantor polisi yang ujung-ujungnya malah nyasar ke penjara, akhirnya aku memutuskan untuk menanyakan tempat pembuatan SIM kepada Pak Polisi yang tampan dan rupawan. Nggak apa-apa kali sesekali muji orang. Siapa tau aja jadi dipermudah bikin SIM-nya. Hehehe..
“Maaf Pak, kalo mau buat SIM dimana ya?” tanyaku.
Lalu dengan gagah berani dan penuh percaya diri Pak Polisi menjawab “Oh.. lurus saja, nanti di ujung jalan, belok kanan.. jangan ke kiri!”
Dengan sopan aku bertanya lagi “Emang kalo ke kiri masuk ke mana, Pak?”
“Penjara..”
Blep..
Aku dan Gober saling pandang. Mata Gober seolah berkata: Aku masih terlalu muda untuk masuk penjara. Apalagi aku! aku pengen nikah dulu sebelum masuk penjara. Kita berdua udah kayak penjahat aja. Imajinasi kami emang terlalu tinggi.
Setelah mengucapkan terima kasih, aku dan Gober langsung beranjak ke tempat pembuatan SIM. Tadinya sih, aku mau menanyakan satu pertanyaan lagi sama Pak Polisi itu, tapi aku takut membuat hati beliau tersinggung. Aku pengen tau dimana Pak Polisi itu mencukur kumis. Kumisnya bagus banget! kayak kumisnya Jusuf Kalla.
Di sepanjang jalan menuju tempat pembuatan SIM, aku terus menerus mengingatkan diriku supaya jangan salah berbelok. Kanan.. kanan.. kanan.. itu yang selalu diucapkan hatiku. Kata “Kiri” seolah menjadi tabu saat ini. Aku jadi kepikiran, seandainya orang-orang yang mau turun dari angkot tau kalo bilang kiri itu sama artinya dengan masuk penjara, pasti mereka enggan menyebut kata kiri. ....
Duapuluh detik kemudian aku dan Gober sampai di loket pembuatan SIM. Kalo nggak salah sih, ada tujuh loket. Loket satu buat memperpanjang SIM. Loket dua, buat permohonan SIM baru. Loket tiga, buat ujian ulang tes teori dan Loket empat, buat ngambil jatah sembako, Lho?
Aku ngantri di loket dua sedangkan Gober di Loket satu. Baru langkah awal aja aku dan Gober udah terpisah. Padahal sebelumnya, kita udah berikrar untuk berjuang bersama-sama menghadapi semua tes ujian. Manusia memang mempunyai jalannya masing-masing. Aku di loket dua dan Gober di loket satu. Hiks..
Setelah beres melengkapi semua persyaratan, akhirnya aku dan Gober di pertemukan kembali dalam ikatan yang suci di ruang tunggu (Jiaaaahh lebay!) Tapi itu nggak berlangsung lama, Gober udah di panggil lagi buat bayar administrasi lalu mengisi formulir dan setelah itu tinggal menunggu giliran untuk di foto. Gila! cepet banget, sih? Aku sendiri belum ngapa-ngapain!
“Tenang aja kawan.. aku tungguin deh..” kata Gober sambil menunggu gilirannya.
Gimana bisa tenang, dia udah mau giliran di foto sedangkan aku belum bergerak satu langkah pun. Perasaan aku udah nggak enak mulai dari situ.
Udah satu jam sejak aku memasukkan persyaratan, aku belum di panggil-panggil juga. Aku mulai bete, jenuh, males, lapar, ngantuk, genit.. (Kayaknya yang terakhir itu, bawaan dari lahir deh.. hehe).
ARIS..
HORE.. Akhirnya namaku di panggil juga.. lalu aku di suruh masuk ke ruang tes teori. Di tempat tes teori, terdapat dua ruangan. Yang pertama adalah ruang tunggu sebelum tes dan yang ke dua adalah ruang komputer untuk tes teori. Nunggu lagi nunggu lagi.. cape deh..
Di ruang tunggu, semua orang menunggu giliran tes dengan tenang dan damai, nggak ada seorangpun yang berani bergerak. Itu karena di hadapan mereka ada sebuah papan pengumuman yang bertuliskan: Ribut = Tembak. Boong denk.. mana mungkin lah.. Polisi kan pelindung masyarakat.. hehe..
“Sambil menunggu giliran, perhatikan dinding sebelah kiri dan sebelah kanan anda! Siapa tahu saja bisa membantu” seru Pak Polisi.
Emang ada apa di dinding? Spiderman? paling Cicak. Oh.. rupanya ada gambar rambu-rambu lalu lintas. Alah gampang.. Semuanya udah ada di luar kepala! Aku masih inget. Hijau = jalan, Kuning = kurangi kecepatan dan merah = berhenti. Bener, kan?
Setelah limabelas menit menunggu di ruang tunggu, akhirnya aku dan semua calon pembuat SIM lainnya, masuk ke ruang ujian tes teori. Semuanya dipersilahkan memilih tempat duduk dan komputer masing-masing. Aku memilih duduk di bangku ke dua dari belakang, sama kayak tempat dudukku waktu sekolah dulu. Biar gampang nyontek gitu.. hehe..
“Waktu anda hanya 30 menit untuk menjawab semua pertanyaan! Silahkan dimulai!” Perintah Pak Polisi.
Dengan santai aku mulai mengisi jawaban. Ada 30 soal pilihan ganda, masing-masing soal diberi waktu satu menit. Jadi setiap lewat dari satu menit, soal secara otomatis akan berganti ke soal berikutnya.
Dimulai dari soal nomor 1:
Bagaimana perasaan anda ketika anda mendapatkan SIM?
a. Senang
b. Sedih
c. Biasa aja
Alah gampang.. aku pilih c aja. Emang biasa aja, kan?
Beralih ke soal berikutnya, nomor 2:
Apa yang harus anda lakukan ketika sedang mengendarai kendaraan?
a. Pelan-pelan
b. Hati-hati
c. Ugal-ugalan
Ini juga gampang! walaupun aku biasa ugal-ugalan, tapi kalo untuk menjawab soal, aku jawab b aja.
Sejauh ini keadaan masih aman terkendali, hingga akhirnya godaan itu datang. Seorang perempuan di sebelahku, kira-kira berusia 30 tahunan bertanya kepadaku.
“De.. cara ngejalanin benda ini gimana ya?” tanyanya sambil tersipu malu.
HAH.. aku terkejut. Orang ini belom ngerjain satu soal pun.
O-M-G... dia bahkan nggak tau cara make komputer..
Where planet are you come from?? di planet-nya kayaknya nggak ada komputer kali ya?
Lalu dengan kasih sayang penuh, aku menolongnya.
“Begini ya Mba.. pertama Mba baca dulu soalnya, lalu pilih jawaban yang menurut Mba paling benar. bisa a, b atau c. Pilihnya pake mouse..”
“Mos tuh apa? hehe” tanya-nya cengengesan.
“Mouse tuh ini..” jawabku sambil menunjuk mouse.
“Oh.. fungsinya buat apa?”
“Fungsinya tuh buat mindahin kursor..”
“Kursor? apaan lagi tuh?”
Ya elah.. ini orang.. sabar.. sabar.. aku ngelus-ngelus dada. Nggak taunya aku udah kehabisan waktu buat ngisi soal nomor lima. Yah.. satu soal hangus.. Arrrggh!!!
Buru-buru aku ngerjain soal berikutnya, aku udah mulai nggak konsen. Apalagi sekarang soalnya udah mulai nggak jelas.
Soal nomor 6:
Perhatikan animasi berikut (anggap aja ada gambar animasi) dalam animasi tersebut, ada seseorang sedang menari-nari di tengah jalan. Gerakannya mirip banget sama goyangannya Dewi persik. Aku pikir, itu orang stress yang pengen bunuh diri. Sesaat kemudian aku sadar kalo itu adalah polisi yang sedang mengatur lalu lintas. Pertanyaan dari soal ini adalah: Apakah yang harus anda lakukan bila pengatur lalu lintas melakukan gerakan mengangkat tangan kanannya ke atas dan menarik tangan kirinya ke samping?
a. Mengikuti gerakannya
b. Menunggu setelah itu ikut bergoyang
c. Mengajak yang lain ikut bergoyang bersama
Bener nggak ya, waktu itu pilihannya kayak gitu? iya kali.. hehehe..
Tetangga sebelah bikin onar lagi. “De.. kalo udah gini, di gimanain lagi ya?”
Ya ampun.. ini orang masih ngetem di soal nomor satu.. masih nggak ngerti juga apa?
Lalu dengan setengah kasih sayang, aku menolongnya lagi. “Begini ya Mba! tandai jawaban yang menurut Mba paling bener pake mouse” seruku “lihat nih, mouse-nya bisa digerakin kan? kalo udah milih, nanti klik tombol yang ini untuk pindah ke soal berikutnya”
“Oh.. iya iya.. hehe” malah cengengesan lagi.
Udah ah aku mau ngerjain soal lagi! Ya ampun.. aku kelewat satu soal lagi.
SIAL!!!
Aku langsung buru-buru ngerjain soal. Sekarang aku membaca soalnya dengan terburu-buru. Jawabannya pun udah mulai ngasal. Aku tutup kuping biar nggak bisa denger, kalo si Mba itu manggil aku lagi. Tapi nasib berkata lain, si penggangu itu menggunakan cara baru. Sekarang dia udah berani nyolek tangan aku.
Dengan terpaksa aku menoleh ke arahnya. Si Mba itu memandangku dengan tatapan mata yang berbinar-binar. Matanya seolah berkata: Tolong kasihanilah saya.. saya udah tiga rebo kagak makan..
Siapa pun nggak bisa tahan dengan tatapan mata memelas seperti itu. Akhirnya dengan seperempat kasih sayang, aku membantunya kembali.
“Ada apa lagi Mba..?!” tanyaku.
“Soal nomor dua, jawaban-nya apa ya?” tanya-nya polos.
Si Mba ini udah keterlaluan banget! di kasih hati malah minta jantung, usus, paru-paru sama jeroan yang lain! udah di kasih tau cara jawabnya, sekarang malah minta jawabannya.
“Aduh apa ya? c, kali..” jawabku ngasal tanpa melihat soal. Males banget harus ngerjain soal punya orang, yang aku aja belom kelar.
Yah.. waktu buat ngisi soal nomor duabelas udah abis. Aku jadi kepaksa jawab ngasal. Huffft.. SIAAAAAAL!
Ya Tuhan.. tolonglah hambamu yang tampan ini.. Dan akhirnya setelah aku hampir prustasi dan hendak bunuh diri, pertolongan itu akhirnya datang juga. Saat si Troble maker itu mau menggangguku lagi, Mrs Polwan yang cantik jelita datang dan menegurnya.
“Maaf Bu.. kalau ada pertanyaan, silahkan bertanya kepada petugas! jangan mengganggu peserta yang lain” kira-kira seperti itulah kata mutiara yang keluar dari bibir manis Mrs Polwan.
Puji tuhan.. aku berdiri sambil mengangkat kedua tanganku ke atas. Semua orang memandangku dengan tatapan mata yang aneh. Sekarang aku terlihat jadi kayak orang bego. Aku duduk perhalan sambil tersipu malu.
“Waktunya tinggal lima menit lagi” seru Mrs Polwan dari tempat duduknya.
Anjrit! aku baru beres ngerjain duapuluh soal, sepuluh soal lagi blom. Akhirnya aku ngerjain sisanya ngasal. Dan akhirnya waktu untuk mengisi soal pun habis.
“Silahkan klik proses, dan lihat hasilnya”
Dengan tenang aku meng-klik proses. Dan hasilnya adalah:
Benar = 11
Salah = 19
T I D A K L U L U S !

Aku nggak percaya kalo aku nggak lulus, badanku kayak terbang melayang.. kaki aku jadi lemes. Ini semua gara-gara si orang aneh itu. Kemana dia?! rupanya dia udah kabur duluan. Brengsek!
Materi yang udah ada di luar kepala, semuanya nggak ada yang keluar! Lampu merah kuning hijau semuanya nggak nyala! sedih..

Aku berjalan keluar ruangan dengan langkah gontai. Mataku mencari seseorang yang bernama Gober. Aku cari dia dekat loket lalu ke luar. Dia nggak ada dimana-mana. Aku telpon dia. Rupanya dia lagi nganterin ceweknya dulu. Huh nasib, SIM tak dapat.. teman pun tiada.
Akhirnya aku balik setelah mendapatkan berkasku kembali. Disana tertulis, ujian susulan tes teori berikutnya adalah tanggal 13 Oktober 2009, berarti satu bulan lagi donk? halah.. halah...

2 komentar: